10

Roadshow Seminar dan Workshop Jurnalistik Detikcom




Berawal dari baca twitnya @detikcom yang mengabarkan ada Roadshow Seminar Online Media: Citizen Journalism & Enterpreneurship di 7 kota. Woow, saat baca announcement ini saya lagi liburan panjang dirumah. Katanya : "Free untuk peserta terpilih" Woow (lagi) makin membuat saya tertantang buat ikutan daftar.

Klik DAFTAR, dan muncullah form dibawah ini :


  • Tuliskan alasan anda maksimal 200 kata
  • Peserta yang terpilih akan dihubungi oleh pihak detikcom melalui telepon dan e-mail
Uwooo,
Terdiam sesaat saat mengetik bagian "Alasan ingin mengikuti Seminar dan Worksop ini" . Tapi tidak lama sekitar 150 kata sudah berhasil terangkai dengan setulus hati dan semurni nurani MySpace

Yup, acara daftar selesai. Saya memilih kota Surabaya, secara itu yang paling deket dari Malang. Maklum, acaranya kan tgl 26 Februari yang berarti liburan sudah usai dan saya pasti stay di Malang. Hari berganti hari dan semakin mendekati tgl 26, tapi telpon yang saya tunggu-tunggu gak juga berdering, hemm agak Hopeless sodara2 MySpace
Dan, Kriiiing... Rabu sore tgl 23 Februari saya mendapat telpon itu MySpace benar2 serasa di awang2. Apalagi mbak PR-nya bilang saya termasuk 40 peserta terpilih untuk mengikuti workshop. Uyeeeyeee...
Seketika saya sms sahabat saya si Agustine Tri Utami yang jadi anak gaol Surabaya. Ceritanya saya mau numpan di kosannya selama di surabaya. Maklum, kata mbak PR detikcom, acara seminar+workshop bakalan seharian dari jam8pagi sampai jam7 malem. Nah lhooo, berarti kan ya harus berangkat dari Malang Jumat sore trus baru bisa balik lagi Minggu pagi. So, menginaplah saya di kosannya Oth selama 2 malam 3 hari MySpace

SURABAYA, I'M COMING

Di jemput oth di terminal Bungurasih dalam keadaan gerimis. Woow, saya bingung harus menunggu dimana. Lalu 1...2...3... Oth datang dan kami menuju Kosan.

Kosan Keputih, 25 Februari 2011
Sampai dg selamat dan dalam keadaan kenyang setelah sebelumnya makan Bakso berdua bersama Oth, Romantisss deh MySpace Lalu, sampai dikosan saya mendapat kejutan, si merah datang setelah 2 hari saya menunggunya, #gakPenting hahahaha....

Hotel Bumi, 26 Februari 2011
Sebelum jam8 saya sudah sampai. Agak linglung, "disebelah mana ini tempat seminar+workshopnya?"
Baiklah, saya pun bertanya pada pak satpam dan diberitahu tempatnya meskipun sebenarnya masih melinglungkan MySpace
1...2...3... SKIP
Wooow, sudah ramai. Registrasi dan mulai memasuki ruangan. Tanpa pikir panjang, saya parkir di barisan paling depan. Hahaha, #ngeksis ceritanya... Sempat menengok kebelakang, berusaha ngitung ada berapa ratus orang disini. Woow..
Sesampainya ditempat parkir, langsung kenalan donk ya sama temen2 disebelah. Menyenangkan, saling berbagi alamat Blog, bercerita pengalaman blogging, berbagi kisah tentang dunia ini... "jurnalistik".

Acara dimulai, saya deg2an, hahaha... semacam sangat senang ada disini, begitulah... betapa saya suka berkumpul dg sesama penyuka dunia ini MySpace

SEMINAR M U L A I
Ringkas cerita, seminar ini mengajarkan tentang bagaimana mengembangkan lokal portal dan memanfaatkan segala peluang yang ada untuk ber-enterpreneur. Beberapa pemateri yang handal dibidangnya masing2 telah sukses mempersuasif saya untuk makin mencintai dunia ini. Budiono Darsono, Bos @detikcom atau akrab dipanggil BDI bercerita tentang asal mula kesuksesan @detikcom. Wooow, ternyata BDI asli Bojonegoro, Toosss pak. Sosok jurnalis senior yang gaul beuds tapi gak frontal dalam berpendapat, saya suka kamu BDI MySpace Saya pun gak menyia-nyiakan kesempatan ini, waktu ada sesi tanya jawab saya ngangkat tangan tinggi2.. Uyeeye, bisa sharing dg BDI akhirnya. Hal penting yang saya petik dari kisah BDI bersama @detikcom adalah :

"merintis tidak selalu harus bersama orang lain, asal mau dan mampu mari menggerakkan diri terlebih dulu. Biarkan nantinya yang lain memperhatikan dan tergerak mengikuti kita"

Pemateri terakhir dan jadi center di acara ini adalah promotor Adrie Subono. Awalnya saya agak sedih karena untuk roadshow di Surabaya ternyata yang didatangkan adalah mas Adrie (gak mau dipanggil Om dia) bukan om Radityadika #lhoo. Ternyata, dari mas Adrie ini saya juga bisa belajar banyak hal.

WORKSHOP M U L A I
Bersama 40 peserta yang sudah terjaring dari ratusan yang daftar (katanya) saya pun mengikuti workshop @detikcom. Disini saya lebih diperdalam mengenai lokal portal. Wooow woooww dan wooow.... Speechless, takjub saya dengan orang2 hebat yang ada dibelakang layar @detikcom . Workshop ini membuat saya dan 40 peserta yang lain merasa dibimbing eksklusif dan bebas tanya ini-itu. Mereka bisa, saya pun seharusnya bisa, kalian pun juga, iya kan? MySpace

Foto berdua bersama BDI, saya suka kamu pak BDI
^^

Saya senang bisa dapat kesempatan berharga ini, terimakasih @detikcom , terimakasih Oth, terimakasih Surabaya. Cerita saya dan Surabaya bisa kalian baca selengkapnya di Blog sahabat saya, Oth.. disini ^^

10 komentar:

  1. ah keren sekali.
    menyesal saya tidak datang yg di Semarang :(

    BalasHapus
  2. waaah, nama saya disebut. Uye :D

    BalasHapus
  3. Triunt : Mungkin tahun depan ada lagi :D hehe

    Oth :uyeeee

    BalasHapus
  4. Senangnya bisa ikutan ya...
    Ehm... aku kok masih bingung perbedaan antara seminar dan workshop, hehe...

    BalasHapus
  5. Seminar itu hanya materi2 aja, klo workshop cenderung ke pendalaman materi sekaligus praktek :)

    BalasHapus
  6. Rusa juga senang bisa ikutan dan barengan sama mbak Rose :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar....
Mari saling menginspirasi =)

Back to Top