23

Cerita di Rumah Sakit Jiwa ter-besar di Asia Tenggara

Clinical study. Yup, betuul. Dari namanya aja dah bisa diambil kesimpulan singkat kegiatan ini semacam praktek lapang.

Departemen pertama yang saya jalani adalah departemen Jiwa. Apa itu? salah satu spesialisasi bidang kesehatan bagian kejiwaan. Lebih jelasnya menangani pasien2 dengan gangguan jiwa. Pada departemen ini saya dan teman2 dapet kesempatan terjun langsung di RSJ Radjiman Wedyodiningrat Lawang-Malang. Jeng..jeng..jeng, dan asal tau saja, RSJ ini terbesar se-Asia tenggara lhoo.. Bayangkan.. :D

Secara lahir dan batin saya cukup tertarik dengan bidang jiwa. Ini mata kuliah favorit saya lhoo *curcol*
Okee, balik lagi ke cerita utama.

Day 1. pertama kali masuk di tempat ini. Asing. Celinguk kanan dan kiri. Duduk cantik diatas motor sambil mengamati dan berusaha menarik kesimpulan singkat, "benarkah yang selama ini saya bayangkan tentang RSJ?.. samakah penokohan yang dilakukan sinetron2 untuk pasien gangguan jiwa dengan aslinya?.."

Ada pria paruh baya yang nunjukin jalan mana yang harus saya dan teman2 lewati untuk sampai dilokasi parkir. Asal nyeletuk dengan teman yang mbonceng saya, "Waah, mana pasien mana pegawai ni..?"
tak lama, candaan saya berubah jadi kenyataan. Pria paruh baya yang tadinya dianggap tukang parkir ternyata pasien. Hahahaha...

Oke, saya dapat kesimpulan pertama. Kenali pasien dari baju yang ia kenakan. Setelan baju dan celana biru, atau salah satunya.
Good job, saya mulai mahir membedakan. Selanjutnya, saya dan teman-teman masih tidak tahu dimana tempat technical meeting dilakukan. Ibu-ibu rapi berbaju tidur dan bersepatu olahraga pun mendekat. Tanpa sungkan kami bertanya, meski tidak mendapat jawaban yang diinginkan kami tetap berterimakasih tentunya.

Dan kalian tau? jeng jeng jeng, belakangan kami tau ternyata ibu2 rapi itu pun salah satu pasien disini... *speechless*

Saya dan teman2 mulai membiasakan diri dihampiri satu demi satu pasien yang sedang berjalan-jalan pagi. Banyak yang mengulurkan tangan minta kenalan, yak.. juga menunjukkan sikap khas masing2 tentunya. Bapak x misalnya, (harus pakek inisial, demi menghormati hak asasi pasien) sekilas beliau terlihat seperti normal2 saja. Tapi setelah mengajak bicara akhirnya ketauan juga apa yang jadi masalahnya. Kami menyebutnya waham kebesaran. Bapak x suka sekali mengakui dirinya sebagai orang-orang terkenal. James Bond, Rhoma Irama dll. Bapak ini juga suka menyanyi dengan keras. Jujur, suaranya enak menurut saya.. hehehe.. masih teringat suara khasnya waktu nyanyi "mengapa... mengapa hatiku berdebar-debar..." :D

kebanyakan dari mereka fasih mengajak kami berkenalan. Bertanya nama, asal bahkan asal Universitas. Saya pun mengambil kesimpulan lagi, pasien gangguan jiwa tidak selamanya berlaku seperti orang gila. Apalagi seperti yang sering ditokohkan di sinetron2. Benar2 kelewat lebay..

Ruang Garuda. Ini adalah nama ruang yang jadi tempat saya dan 5 orang anggota kelompok saya mencari ilmu sebanyak-banyaknya tentang dunia kejiwaan. Tantangan pertama, berusaha mengkaji masalah pasien tanpa sebelumnya mendapat info apapun dari tenaga kesehatan disitu.
Satu2nya info hanya dari pasien. jeng..jeng..jeng.. kepala ruangan membawa saya pada salah satu pasien.

Bapak S, 41 tahun. Mengerahkan segala kemampuan interactive process, saya berusaha membuat pasien nyaman dan mau membuka dirinya. Bibir dan tangannya bergetar. Menjawab singkat-singkat. Kurang lebih 30 menit kami mengobrol, saya merasakan kesedihan dari tatapan mata tajam Bapak ini. Akhirnya saya mendapatkan 1 diagnosa.

Day 2. Pagi ini langsung menuju ruang Garuda. Saya membantu sekitar 36 pasien untuk sikat gigi. Tenaang, mereka bisa mandiri kok. Saya cuma bantuin ngasih pasta gigi ke sikat mereka. Masih terus mengamati, saya dapati 1 kesimpulan lagi, Pasien2 disini saling membantu satu sama lain. Mengambilkan sikat gigi untuk pasien lain yang apatis, berdiri gemetaran di salah satu dinding. Begitu juga saat makan.

Selanjutnya, saya dan 1 orang teman lainnya diminta memimpin senam didepan pasien. Mereka sudah berbaris, tentu tidak serapi kita saat upacara bendera. Ada diantara mereka yang tetap duduk dengan pandangan kosong, atau meski berdiri tapi tetap berkonsentrasi dg pikirannya sendiri.
meski sudah banyak mengambil gerakan SKJ 2000, sesekali saya blocking. Gak tau mau ngasih gerakan apalagi, dan jeng jeng jeng.. ada salah satu pasien dengan tersenyum ramah melihat ke arah saya sambil mempraktekkan gerakan yang belum saya lakukan. Terimakasih ya bapak :)

Senam selesai. Saya dapat tugas lagi ngukur tekanan darah dan nadi pasien2. Saya hanya dibantu 2 teman. Saat kegiatan ini saya menjadi semakin dekat tidak hanya dengan pasien saya sendiri, Bapak S tapi juga dengan pasien2 lain.
ruangan di RSJ memang dibedakan untuk pasien pria dan wanita, Kebetulan ruang Garuda berisi pasien laki2. Dari pasien2 yang saya periksa, memang tidak semuanya bersikap ramah. Ada yang menatap tajam dan sangat amat sinis dengan saya, Bohong kalau saya bilang saya tidak takut. Tapi prinsipnya, asal tidak melakukan hal yang mengganggu saya yakin dia tidak akan menyerang saya. Yak, itu benar. Meski terus2an dipelototin saya tetap aman secara fisik.

Pengalaman Clinical studi di RSJ membuat saya banyak tau dan banyak ber-empati. Banyak sekali kejadian yang tidak bisa saya ceritakan gamblang disini. 1 hal, keluarga sangat berperan dalam penyembuhan pasien gangguan jiwa.
RSJ bukan tempat penitipan manusia, RSJ hanya tempat penyembuhan... bahkan hasilnya tetap tidak akan maksimal tanpa peran keluarga. Keluarga tetap keluarga, jangan sampai menolak keberadaan anggota keluarga hanya karena ada gangguan jiwa..

Stigma. Jangan biarkan pasien gangguan jiwa selalu merasa dia tetap gangguan jiwa seumur hidupnya dengan stigma. Pasien gangguan jiwa bisa sembuh, ijinkan mereka kembali jadi bagian masyarakat. Mereka juga manusia, yang akan memanusiakan siapa saja yg juga memanusiakan mereka :)

Terimakasih bapak2 yang sudah memberi saya kesempatan belajar, mengingatkan untuk lebih bersyukur, juga lebih menyayangi keluarga. Semoga cepat sembuh yaa disana :)

23 komentar:

  1. nah kan aku bingung kan beb, RSJ lawang itu terbesar namer 1 apa nomer 2 ya? katanya yg nomer 1 di bogor *googling*

    BalasHapus
  2. naah, hwahahaha.. udah ganti ni berarti terbesarnya? dulu seingetku dosen bilang no.1
    ;D

    BalasHapus
  3. eh maksih ya.. diingetin pake inisial.. nama pasienku tadi tak sebutin di postinga :D

    BalasHapus
  4. wah ga pengen tu jadi pasiennya...
    hehehe
    yg penting jgn ngebahas yang terbesar di asia tenggara yg lain, yg ada di jatim =D
    LOL

    BalasHapus
  5. -_______-"

    udah deh,kamu itu butuh rekreasi kesana sekali2.. ya..ya? ;p

    BalasHapus
  6. waduh terbesar ..berati notabennya orang gila terbanyak di indonesia untuk asia zzz ..hihihhihi

    BalasHapus
  7. Wah,seru juga ya dirs jiwa...makasih udah buka mata saya,hehe

    BalasHapus
  8. pengen cepet2 stupend ke sana deh mbak, kayaknya seruuuuu :D kapan2 boleh ketemu sampean buat ngomongin RSJ gak mbak? penting. hehe

    BalasHapus
  9. Brigadir kopi: kurang lebihnya gitu bang ;p

    I-one: lebih seru klo berkunjung langung,coba deh ;p

    cha: penting apa nih? jadi penasaran..hahaha...oke dek :)

    BalasHapus
  10. Sekedar berkunjung boleh, bukan sebagai pasien lho.... hehe

    BalasHapus
  11. mbak, aku ikut po'o sekali2... tertarik neh

    BalasHapus
  12. aang : ahh... aura2 pasienmu sangat terasa lhoo padahal ;p

    rara: nunggu giliran yaa kamu.. hahaha

    BalasHapus
  13. yg kasih tau gerakan senam itu pasien apa petugas... ntar gantian petugas dikira pasien hi hi hi ...

    blog walking ...

    BalasHapus
  14. hahaha,positif pasien mah kalo' yang itu...
    ^^

    BalasHapus
  15. lewat sms aja ya mbak :D how how??? :)

    BalasHapus
  16. interest banged postingnya :)
    yang penting jangan pernah lupa,mereka juga bagian dari kita :D

    BalasHapus
  17. cha: okee dek :)

    diar: Yup, tentu diar :)

    BalasHapus
  18. (woot) Temen ane lagi magang di sana tuh!

    *n klo gak salah ada sodari Bapak juga yang di sana,

    BalasHapus
  19. Wah itu beneran paling besar rumah sakit jiwanya?

    BalasHapus
  20. Di Rg. Garuda.....siapa sih nama kepala Ruangannya ??

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar....
Mari saling menginspirasi =)

Back to Top